Posted in:Info

Dalam dunia pelayaran terdapat banyak sekali istilah dan singkatan yang sering digunakan. Berikut ini adalah beberapa singkatan dan istilah yang biasa digunakan:

ISTILAH KETERANGAN
ABAFT DIBELAKANG, SEBELAH BELAKANG.
ABEAM SEJAJAR DENGAN, ARAH MELINTANG.
ACTUAL TOTAL LOSS KERUGIAN KESELURUHAN SECARA FISIK.
ACTUAL VALUE OF THE GOODS NILAI BARANG YANG SEBENARNYA.
AD VALOREM MENURUT HARGA.
ADDITIONAL PREMIUM PREMI TAMBAHAN.
ADEQUATELY PACKED DIBUNGKUS DENGAN MEMADAI.
ADMIRALTY TIDE TABLES DAFTAR PASANG SURUT.
AGAINST ALL RISK TERHADAP SEGALA RISIKO.
AGROUND KANDAS.
AIR FREIGHT ONGKOS ANGKUTAN KAPAL UDARA.
ALTERATION PERUBAHAN.
AMBIENT TEMPERATURE SUHU LUAR DARI PETIKEMAS YANG BERISI REFRIGERATED CARGO.
ARBITRARY RATE TARIF UANG TAMBANG YANG DIDASARKAN ATAS PERUNDINGAN ANTARA PEMILIK KAPAL DAN PEMILIK MUATAN.
ASHORE DIDARAT
AUTHORIZED SURVEYOR JURU PERIKSA YANG DIBERI KUASA ( SAH ).
AVERAGE BOND KESANGGUPAN MEMBAYAR IURAN KERUGIAN ( AVERAGE ) JIKA DIPERLUKAN.
BACK FREIGHT UANG TAMBANG YANG DIKENAKAN TERHADAP MUATAN YANG DIKEMBALIKAN DARI PELABUHAN TUJUAN.
BALANCE OF TRADE NERACA PERDAGANGAN.
BALE SPACE RUANGAN YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MEMUAT BARANG-BARANG DALAM BAL.
BARGE TONGKANG, PERAHU.
BARQUE KAPAL LAYAR.
BARRATRY TINDAKAN MELAWAN HUKUM DARI NAKHODA ATAU AWAK KAPAL YANG MERUGIKAN PEMILIK KAPAL ATAU MUATAN.
BARRIER RINTANGAN, HALANGAN.
BASIS PORT PELABUHAN UTAMA.
BEAUFORT SCALE SKALA UNTUK MEMPERIKIRAKAN KECEPATANGAN ANGIN.
BERTH RATE TARIF PENGANGKUTAN UNTUK KAPAL-KAPAL YANG MELAYARI TRAYEK TETAP.
BERTHAGE BIAYA TAMBAT.
BILL OF ENTRY PEMBERITAHUAN PEMASUKAN ( BARANG ).
BILL OF EXCHANGE WESEL.
BILL OF HEALTH SERTIFIKAT KESEHATAN.
BILL OF LADING KONOSOEMEN, SURAT MUATAN.
BILL PAYABLE TAGIHAN DAPAT DIBAYAR.
BOISTEROUS WEATHER CUACA BURUK.
BOLLARD TAMBATAN, TONGGAK UNTUK MENAMBAT KAPAL, BOLDER.
BONDED GOODS BARANG YANG HARUS DIKENAKAN BEA MASUK
BREAST IN A SHIP MEMINDAHKAN KAPAL KE DERMAGA SEHINGGA SEJAJAR DENGAN DERMAGA TERSEBUT.
BROKEN STOWAGE RUANGAN YANG TERBUANG SEBAGAI AKIBAT STOWAGE YANG TIDAK EFISIEN.
BULK FREIGHT CONTAINER PETIKEMAS YANG DAPAT MEMUAT MUATAN CURAH.
CAR PALLET FLAT CONTAINER UNTUK MENGANGKUT MOBIL.
CARDINAL POINTS. MATA ANGIN.
CARGO HANDLING GEAR ALAT-ALAT MUAT BONGKAR.
CARGO LINER KAPAL PENGANGKUT MUATAN BERTRAYEK TETAP.
CARGO PLAN RENCANA MUATAN.
CARGO PORT PINTU MUATAN.
CARGO RUNNER TALI MUAT.
CARGO SHIP SAFETY CERTIFICATE SERTIFIKAT KESELEMATAN KAPAL BARANG.
CARGO SPACE RUANGAN MUATAN.
CARGO SURVEY SURVAI UNTUK MENGETAHUI KEADAAN KUANTITAS DAN KUALITAS MUATAN KAPAL.
CARGO TANK TANGKI MUATAN, YAITU TANGKI ATAU RUANGAN DI KAPAL YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENGANGKUT MUATAN CAIR DALAM BENTUK CURAH.
CARGODORING BIAYA PENERIMAAN MUATAN DIPINTU GUDANG.
CARRIER OWNED CONTAINER PETIKEMAS YANG DIMILIKI OLEH PERUSAHAAN PELAYARAN.
CASH AFTER DELIVERY TUNAI SETELAH PENYERAHAN ( BARANG ).
CASH ON DELIVERY TUNAI PADA WAKTU DISERAHKAN.
CATTLE CONTAINER PETIKEMAS UNTUK MEMUAT HEWAN.
CELL GUIDE SISTEM PEMBAGIAN PALKA PADA PETIKEMAS MENJADI BAGIAN-BAGIAN UNTUK PENAMPUNGAN PETIKEMAS.
CELLULAR VESSEL KAPAL PETIKEMAS.
CERTIFICATE OF INSPECTION SERTIFIKAT PEMERIKSAAN.
CERTIFICATE OF ORIGIN KETERANGAN YANG MENYATAKAN ASAL-USUL BARANG.
CERTIFICATE OF REGISTRY SERTIFIKAT TANDA KEBANGSAAN, SERTIFIKAT PENDAFTARAN.
CHARTER PARTY PERSETUJUAN SEWA MENYEWA KAPAL.
CHARTER PAY DUES PENYEWA MEMBAYAR BEA.
CLAIMS PAYABLE ABROAD TUNTUTAN DAPAT DIBAYAR DILUAR NEGERI.
CLASS EXTENSION SURVEY SURVAI UNTUK MENDAPATKAN PERPANJANGAN KELAS KAPAL SELAMA 6-12 BULAN, UNTUK MEMENUHI KETENTUAN BADAN KLASIFIKASI KAPAL.
CLASS RENEWAL SURVEY SURVAI YANG DILAKUKAN OLEH BADAN KLASIFIKASI KAPAL TERHADAP SELURUH LAMBUNG ATAU MESIN KAPAL SETIAP 4 TAHUN UNTUK MEMPEROLEH PEMBAHARUAN KELAS KAPAL.
CLEAN B/L KONOSEMEN BERSIH YAITU KONOSEMEN YANG TIDAK MENGANDUNG CATATAN CELAAN.
CLEAN L/C ADALAH L/C YANG TIDAK DISERTAI DENGAN DOKUMEN-DOKUMEN.
CLIP ON UNITS MESIN PENDINGIN PORTABLE UNTUK INSULATED CONTAINER.
CLOSED CONTAINER PETIKEMAS YANG HANYA DAPAT DIISI DARI SATU PINTU.
COLLAPSIBLE CONTAINER PETIKEMAS YANG DAPAT DILIHAT.
COLLECT FREIGHT UANG TAMBANG DIBAYAR DI PELABUHAN TUJUAN.
COMMODITY RATE TARIF UANG TAMBANG YANG DIDASARKAN ATAS GOLONGAN KELAS MUATAN, LAZIM DIGUNAKAN UNTUK MUATAN ANTAR PULAU.
CONSIGNEE SESEORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MENERIMA BARANG YANG TERCANTUM DALAM B/L PADA PELABUHAN TUJUAN BARANG / IMPORTIR.
CONSTRUCTIVE TOTAL LOSS KERUGIAN SELURUHNYA KARENA PERUBAHAN SIFAT.
CONTAINER FREIGHT STATION TERMINAL PETIKEMAS, DI TERMINAL INI PETIKEMAS DIBUKA DAN ISINYA DIKELUARKAN ( STRIPPING ) DAN ATAU DIISI DENGAN MUATAN ( STUFFING ).
CONTAINER LOAD PETIKEMAS YANG DIISI PENUH SESUAI PAYLOAD.
CONTAINER PART LOAD PETIKEMAS YANG TIDAK TERISI PENUH SESUAI PAYLOAD, SEHINGGA MUNGKIN DAPAT DIISI BARANG LAIN.
CONTAINER POOL PERJANJIAN ANTARA ONTAINER LEASERS UNTUK SALING MENYEWAKAN.
CONTAINER SAFETY CONVENTION KONVENSI KESELAMATAN PETIKEMAS, PLAT YANG LAZIM TERDAPAT PADA SETIAP PETIKEMAS YANG MENUNJUKAN HAL DEMIKIAN.
CONTAINER YARD LAPANGAN PETIKEMAS UNTUK PETIKEMAS YANG BERSTATUS FCL.
CONTRACT OF CARRIAGE KONTRAK PENGANGKUTAN.
CONVENTIONAL SHIP KAPAL KONVENSIONAL, KAPAL BIASA (BUKAN PETIKEMAS).
CORNER CASTING BESI PENGUAT DIUJUNG SUDUT PETIKEMAS.
CORRUGATED CONTAINER PETIKEMAS DENGAN DINDING BERGELOMBANG.
COUNTRY DAMAGE KERUSAKAN SEBELUM BARANG DIKAPALKAN.
CROSS MEMBERS BARANG PENGUAT.
CRUISING RANGE LAMA PELAYARAN.
CURRENT RATE TARIF YANG BERLAKU.
DAMAGED CARGO LIST DAFTAR BARANG-BARANG RUSAK.
DATA PLANE PELAT BAJA DI PETIKEMAS YANG BERISI INFORMASI TENTANG BERAT DAN TARA SERTA UKURAN LUAR.
DEAD FREIGHT UANG TAMBANG MATI, YAITU UANG TAMBANG UNTUK SEJUMLAH MUATAN YANG TIDAK DIMUAT KEKAPAL, RUANGAN KAPAL ITU SENDIRI YANG TIDAK DITEMPATI OLEH MUATAN ( KARENA PENYEWA TIDAK SANGGUP MENGISI DENGAN MUATAN ).
DEAD WEIGHT TONNAGE BOBOT MATI.
DELIVERED DUTY PAID DISERAHKAN DENGAN BEA DIBAYAR.
DELIVERED DUTY UNPAID DISERAHKAN DENGAN BEA TIDAK DIBAYAR.
DELIVERED EX QUAY DISERAHKAN DARI DERMAGA.
DESPATCH BAYS TEMPAT DIMANA PETIKEMAS DIMUAT ATAU DIBONGKAR.
DESPATCH GOODS BARANG-BARANG KIRIMAN CEPAT.
DEVANING STRIPPING ATAU MENGELUARKAN ISI PETIKEMAS.
DISBURSEMENT ACCOUNT REKENING DARI SEMUA BIAYA KAPAL SELAMA KAPAL BERADA DI SUATU PELABUHAN.
DISPLACEMENT TONNAGE ISI TOLAK, BERATNYA KAPAL.
DISTRESS SIGNAL SEMBOYAN BAHAYA.
DOCK LEVELER ALAT UNTUK MERATAKAN TINGGI ANTARA LANTAI MUATAN DAN LANTAI PETIKEMAS.
DOCK WARRANT TANDA TERIMA YANG DIBERIKAN UNTUK BARANG-BARANG YANG MASUK KEDALAM GUDANG PELABUHAN.
DOCUMENT OF RECEIPT TANDA TERIMA BARANG ATAU MUATAN.
DOCUMENT OF TITLE DOKUMEN PEMILIKAN.
DOWN RATED KAPASITAS ANGKAT FORKLIFT YANG BERKURANG.
DOWN TIME WAKTU DIMANA PERALATAN / MESIN TIDAK BEROPERASI.
DRAWBACK PEMBAYARAN KEMBALI BEA MASUK, SEBAGIAN ATAU SELURUHNYA.
DREDGING SHIP KAPAL KERUK.
DROP OFF MENURUNKAN PETIKEMAS DARI TRUK.
DRY BULK CONTAINER PETIKEMAS KHUSUS UNTUK MUATAN CURAH KERING.
DRY CARGO CONTAINER PETIKEMAS UNTUK MENGANGKUT MUATAN KERING.
DRY FREIGHT TIAP MUATAN KERING YANG TIDAK MEMERLUKAN ALAT PENGAWASAN SUHU KHUSUS.
DRY PORT PELABUHAN KERING, PELABUHAN YANG TERLETAK DI PEDALAMAN DARATAN.
EMPTYING MENGELUARKAN BARANG DARI PETIKEMAS.
ENGINE BREAKDOWN KERUSAKAN MESIN.
ENTREPOT GUDANG UNTUK MENYIMPAN BARANG-BARANG YANG BEA MASUKNYA BELUM DIBAYAR.
ESTIMATED TIME OF ARRIVAL PERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU KEDATANGAN.
ESTIMATED TIME OF DEPARTURE PERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU KEBERANGKATAN.
ESTIMATED TIME OF SAILING PERKIRAAN TANGGAL DAN WAKTU BERLAYAR.
FAIRWAY ALUR PELAYARAN.
FEEDER SHIP KAPAL PETIKEMAS KECIL YANG MELAYANI PELABUHAN, DIMANA KAPAL BESAR TIDAK SINGGAH DAN BERTINDAK SEBAGAI PETIKEMAS SUPPLY KAPAL BESAR.
FERRY PERAHU ATAU KAPAL TAMBANGAN.
FIATA BILL OF LADING B/L YANG DIKELUARKAN OLEH FREIGHT FORWARDER YANG KEDUDUKANNYA SEBAGAI THTOUGH B/L.
FILLER CARGO MUATAN KECIL UNTUK MENGISI BROKEN STOWAGE.
FINE WEATHER CUACA TERANG, HARI CERAH.
FIRST OPEN WATER PELABUHAN TERTUTUP ES, PADA WAKTUNYA DAPAT DILAYARI.
FLAT RACK CONTAINER PETIKEMAS TANPA DINDING.
FLAT RATE TARIF UANG TAMBANG YANG DIKENAKAN UNTUK BEBERAPA PELABUHAN, TETAPI PELABUHAN TUJUAN AKHIR BELUM DIKETAHUI.
FLOATING BEACON RAMBU YANG DIPERGUNAKAN UNTUK PEMETAAN LAUT ATAU SURVEY, UMUMNYA DIBERI RANTAI PENAHAN TIGA.
FLOATING CLAUSE KLAUSAL DALAM CHARTER PARTY YANG MENYEBUTKAN BAHWA KAPAL HARUS MELAKUKAN BONGKAR MUAT DITEMPAT YANG SELALU AMAN DAN TIDAK KANDAS.
FLOOD ANCHOR JANGKAR YANG AKAN MENAHAN KAPAL SAAT DATANG AIR PASANG.
FLOOD PLAIN SUATU DAERAH YANG SECARA TERATUR TERGENANG OLEH AIR PASANG.
FLOOD STREAM ARUS PASANG.
FLOOD TIDE KENAIKAN PERMUKAAN AIR KARENA TERJADINYA PASANG.
FOG SIGNAL SEMBOYAN KABUT.
FORECASTLE BANGUNAN DIATAS DEK BAGIAN DEPAN KAPAL.
FORTY FOOT EQUIVALENT UNIT UKURAN PETIKEMAS YANG PANJANGNYA 40 KAKI.
FORWADERS BILL OF LADING KONOSEMEN ATAU B/L YANG DITERBITKAN OLEH SEBUAH FREIGHT FORWARDER YANG BERARTI THROUGH B/L.
FOUL B/L KONOSEMEN KOTOR YAITU KONOSEMEN YANG MENGANDUNG CATATAN CELAAN.
FRAGILE CARGO MUATAN MUDAH PECAH ( RAPUH ).
FRANCO TELAH DIBAYAR, ATAU BEBAS DARI SEMUA BIAYA. HARGA TERMASUK SEMUA BIAYA SAMPAI PENYERAHAN KEPADA PEMBELINYA.
FREE ALONGSIDE SHIPPER MENYERAHKAN BARANGNYA SAMPAI DI DERMAGA.
FREE ALONGSIDE SHIP SUATU PEMBELIAN UNTUK BARANG-BARANG SAMPAI DISAMPING KAPAL ATAS BIAYA PENJUAL / SHIPPER, SEMUA BIAYA PENGURUSAN MUATAN DAN PEMUATANNYA ATAS RESIKO DAN BIAYA PEMBELI.
FREE AND DEMMURAGE BIAYA ADALAH TERMASUK UANG TAMBANG DAN SETIAP KETERLAMBATAN YANG MUNGKIN TERJADI.
FREE DESPATCH JIKA PEKERJAAN DISELESAIKAN LEBIH AWAL DARI PERJANJIAN, MAKA SISA HARINYA TIDAK DIBAYAR.
FREE ENTRY BEBAS BEA MASUK ( UNTUK BARANG-BARANG IMPOR ).
FREE FROM ALONGSIDE BEBAS DARI SISI KAPAL.
FREE IN AND OUT PENCHARTER MEMBAYAR BIAYA BONGKAR MUAT.
FREE IN AND OUT OF TRUCKS BIAYA MUAT DAN MEMBONGKAR DARI TRUK MENJADI BEBAN PENYEWA.
FREE IN AND OUT STOWED & TRIMMED SEMUA MUAT BONGKAR, PENATAAN MAUPUN PEMINDAHAN ATAU PENGGESERAN MUATAN MENJADI BEBAN CHARTERER.
FREE IN TO WAGON PENJUAL MENANGGUNG SEMUA BIAYA PEMUATAN SAMPAI KE GERBONG ATAU TRUK, SEWA ANGKUTANNYA MENJADI BEBAN PEMBELI.
FREE INTO BUNKER / BARGE HARGA PENAWARAN TERMASUK BIAYA PEMUATAN KEDALAM BUNKER / TONGKANG.
FREE OF ADDRESS KAPAL YANG TIDAK MEMBERIKAN ADDRESS COMMISSION KEPADA PENYEWA.
FREE OF ALL AVERAGE BEBAS DARI SEMUA KERUGIAN / KERUSAKAN.
FREE OF CAPTURE AND SEIZURE ASURANSINYA TIDAK TERMASUK KERUGIAN YANG DISEBABKAN OLEH TERJADINYA PENANGKAPAN ATAU PENYITAAN.
FREE OF CHARGE HARGA SUDAH TERMASUK SEMUA BIAYA.
FREE OF DAMAGE BEBAS DARI KERUSAKAN, ARTINYA JIKA TERDAPAT KERUSAKAN MAKA MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB PENJUAL.
FREE OF DESPATCH BEBAS DARI PEMBAYARAN PREMI DESPACTH YANG HARUS DIBAYAR.
FREE OF ENCUBRANCES PERNYATAAN YANG TERDAPAT DALAM SURAT PEMBELIAN KAPAL YANG TIDAK DALAM KEADAAN DIGADAIKAN YANG DIJELASKAN DALAM BILL OF SALE.
FREE OF GENERAL AVERAGE PIHAK ASURANSI TIDAK MENANGGUNG KLAIM YANG DIBEBANKAN PEMILIK BARANG UNTUK IURAN GENERAL AVERAGE.
FREE OF PARTICULAR AVERAGE KLAUSAL YANG TIDAK TERMASUK AWAR KHUSUS.
FREE OF RIOTS AND CIVIL COMMOTIONS TIDAK BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP KERUGIAN YANG DITIMBULKAN OLEH TERJADINYA KERUSAKAN ATAU KERUSUHAN.
FREE ON BOARD PENJUAL ATAU SHIPPER BERTANGGUNG JAWAB SAMPAI BARANGNYA MELEWATI PAGAR KAPAL UNTUK DIMUAT KEDALAM PALKA.
FREE ON QUAY HARGANYA SUDAH TERMASUK SAMPAI DI DERMAGA, TIDAK TERMASUK BIAYA MUAT.
FREE ON RAIL HARGA TERMASUK SAMPAI BARANG DIMUAT KEDALAM GERBONG KERETA API.
FREE OVERSIDE BEBAS PADA SISI ( KAPAL ).
FREIGHT UANG TAMBANG, BIAYA ANGKUTAN.
FREIGHT COLLECT FREIGHT YANG AKAN DIBAYAR OLEH CONSIGNEE SETELAH BARANG ITU TIBA DI TUJUAN.
FREIGHT NOTES PEMBERITAHUAN DARI BROKER KEPADA PARA SHIPPERS BERAPA FREIGHT YANG HARUS DIBAYAR BAGI BARANG-BARANG TERKAIT.
FREIGHT PREPAID UANG TAMBANG DIBAYAR DI PELABUHAN MUAT.
FREIGHT SPACE RUANG MUATAN.
FREIGHT TARIFF TARIF MUATAN.
FREIGHT UNIT SATUAN UNTUK MENETAPKAN TARIF MUATAN.
FROZEN CARGO MUATAN BEKU SEBELUM DIMUAT DAN TETAP DALAM KEADAAN BEKU SAMPAI PELABUHAN TUJUAN.
FULL AND BY BERLAYAR DEKAT ANGIN
FULL AND DOWN KAPAL PENUH MUATAN DENGAN SARAT YANG MAKSIMUM.
FULL CONTAINER LOAD SUATI PETIKEMAS BERISI PENUH DIPAKAI OLEH SATU SHIPPER SAJA.
FULL INTEREST ADMITTED PIHAK ASURANSI AKAN MENERIMA BUNGA YANG DIASURANSIKAN DAN TIDAK AKAN MERAGUKAN DIKEMUDIAN HARI.
FULL LOADED WEIGHT AND CAPACITY SEBUAH PETIKEMAS YANG DIISI SESUAI KAPASITAS DAN VAOLUMENYA.
FULL TERM HARGA CHARTER TERMASUK SEMUA PEMOTONGAN KOMISI DAN SETERUSNYA, SEPERTI YANG BERLAKU DALAM PERDAGANGAN UMUM DI TEMPAT TERSEBUT.
FULL TILT CONTAINER PETIKEMAS YANG SISINYA DITUTUP TERPAL.
FULLCRUM TITIK KESEIMBANGAN.
FULLY LOADED WEIGHT AND CAPACITY SEBUAH PETIKEMAS SAMPAI PENUH ( BERAT DAN VOLUMENYA ).
FUMIGATION PENGASAPAN.
GENERAL CARGO MUATAN CAMPURAN.
GENERAL DRY CARGO CONTAINER PETIKEMAS UNTUK SEGALA MUATAN KERING, YANG TIDAK MEMERLUKAN PERHATIAN KHUSUS MENGENAI TEMPERATUR, PERANGINAN DAN FAKTOR-FAKTOR LAIN.
GENERAL SURVEY PEMERIKSAAN UMUM.
GLASS REINFORCED PLASTIC PLASTIK YANG DIPERKUAT DENGAN KACA UNTUK DINDING / ATAP PETIKEMAS.
GROSS REGISTERED TONNAGE ISI KOTOR.
GROSS VEHICLE WEIGHT TOTAL BERAT KENDARAAN DAN PETIKEMAS SERTA KENDARAAN PENARIKNYA.
GROSS WEIGHT BOBOT KOTOR ( TERMASUK PEMBUNGKUS ).
GROUPAGE B/L KONOSEMEN GABUNGAN, DALAM KONOSEMEN INI MUATAN TERDIRI DARI BERMACAM-MACAM BARANG TETAPI PELABUHAN TUJUANNYA SAMA.
GROUPAGE DEPOT WILAYAH DIMANA ISI PETIKEMAS DAPAT DIKELOMPOKKAN DAN DIPISAH-PISAHKAN.
HAND SIGNALLING LAMP LENTERA SINYAL TANGAN.
HEAVY WEATHER CUACA BURUK.
HOME PORT PELABUHAN PANGKALAN.
HULL SURVEY SURVAI YANG BERKENAAN DENGAN KESEMPURNAAN KONSTRUKSI BADAN KAPAL.
IDENTITY SIGNAL SEMBOYAN PENGENAL.
INBOARD PROFILE PLAN PENAMPANG MEMANJANG DALAM RUANGAN KAPAL.
INDIFFERENT STABILITY STABILITAS GOYANG.
INLAND PORT PELABUHAN PEDALAMAN ( UNTUK ANTAR PULAU ).
INSULATED CONTAINER PETIKEMAS YANG SISI DALAMNYA DIISOLASI.
INTEGRAL TANK TANGKI MUATAN UNTUK GAS ALAM CAIR YANG MERUPAKAN SUATU BAGIAN STRUKTUR DARI BADAN KAPAL PADA KAPAL PENGANGKUT GAS ALAM CAIR.
INTERMODAL TRANSPORT ANGKUTAN ANTAR MODA, ANGKUTAN ANEKA WAHANA.
ITINERARY DAFTAR PELABUHANYANG DIKUNJUNGI KAPAL DALAM PELAYARAN.
JERQUE NOTE SERTIFIKAT YANG DIBUAT OLEH DUANE YANG EMNYATAKAN BAHWA KAPAL TELAH DIPERIKSA DAN SEMUA MUATAN TELAH DIBONGKAR HABIS.
JETTY DERMAGA, TEMBOK LAUT, JEMBATAN SEMPIT.
LASHING SURVEY SURVAI PENGIKATAN MUATAN KAPAL.
LESS THAN CONTAINER LOAD SUATU KONTAINER BERISI BERMACAM-MACAM MUATAN DARI BERBAGAI SHIPPER, DENGAN SISTEM GROUPAGE ATAU CONSOLIDATION.
LETTER OF CREDIT SURAT PENGAKUAN AKAN MEMBAYAR.
LIGHT SHIP KAPAL SUAR, KAPAL TANPA MUATAN ( KOSONG ).
LIGHT SIGNAL SUAR.
LIGHTER ABOARD SHIP KAPAL INDUK TONGKANG.
LINER B/L KONOSEMEN UNTUK ANGKUTAN DARI SATU PELABUHAN KE PELABUHAN LAIN.
LOAD LINE GARIS MUAT.
LOCAL MEAN TIME WAKTU MENENGAH SETEMPAT.
LOCKING DEVICE ALAT PENGUNCI PADA PETIKEMAS.
LONG TERM LEASE AGREEMENT PERJANJIAN SEWA MENYEWA JANGKA PANJANG.
LONGITUDINAL PROFILE PENAMPANG MEMBUJUR KAPAL.
MAIN HATCH PALKA UTAMA.
MAIN PORT PELABUHAN UTAMA.
MAKE PORT BERLABUH.
MARINE SURVEYOR JURU PERIKSA LAUT.
MAXIMUM PAYLOAD BERAT BEBAN MUATAN MAKSIMUM YANG DIIZINKAN, YAITU BERAT KOTOR MAKSIMUM DIKURANGI BERAT BERSIH.
MEAN SEA LEVEL PERMUKAAN LAUT RATA-RATA.
MEAN TIDAL LEVEL TINGKAT PASANG SURUT RATA-RATA.
MEMBRANE TANK TANGKI MUATAN UNTUK GAS ALAM CAIR YANG DIGUNAKAN PADA KAPAL PENGANGKUT GAS ALAM CAIR.
MODULAR CONTAINER SUATU KONTAINER KECIL YANG DAPAT DIPERGUNAKAN KEMBALI UNTUK PENGANGKUTAN DAN PENYIMPANAN.
MOULDED DEPTH DALAM BAGIAN DALAM.
NEGOTIABLE B/L KONOSEMEN YANG DAPAT DIRUNDINGKAN ( DIPERDAGANGKAN ) DENGAN CARA ENDOSEMEN ATAU PEMINDAHAN HAK.
NET REGISTERED TONNAGE ISI BERSIH.
NET TARE WEIGHT BERAT PETIKEMAS KOSONG TERMASUK KELENGKAPAN TETAP YANG DIPASANG PADA PETIKEMAS TERSEBUT.
NET WEIGHT PERBEDAAN ANTARA GROSS WEIGHT DAN TARA DARI PETIKEMAS.
NON DELIEVERED TIDAK DISERAHKAN.
NON DELIVERY CERTIFICATE TANDA BUKTI KEKURANGAN.
NON PAYMENT TIDAK ADA PEMBAYARAN, PEMBAYARAN TIDAK DILAKUKAN.
NON VESSEL OPERATING COMMON CARRIER PERUSAHAAN FREIGHT FORWARDER YANG TIDAK MEMPUNYAI KAPAL, AKAN TETAPI MENGGUNAKAN PETIKEMAS DARI PERUSAHAAN PELAYARAN YANG ADA.
NON WATER TIGHT TIDAK KEDAP AIR.
NOTIFY ADDRESS ALAMAT ( BIASANYA PADA KONOSEMEN ) YANG HARUS DIBERITAHU JIKA KAPAL YANG MEMBAWA BARANG TELAH TIBA.
NOTIFYING PARTY PIHAK YANG DIBERITAHU NOTIFY ADDRESS.
NULL AND VOID TIDAK BERLAKU.
OCEAN B/L KONOSEMEN UNTUK ANGKUTAN SAMUDERA.
ONE WAY LEASE PETIKEMAS DISEWA UNTUK SATU PERJALANAN SAJA.
OPEN CHARTER SEWA MENYEWA KAPAL YANG TIDAK MENYEBUTKAN JENIS MUATAN YANG AKAN DIMUAT MAUPUN NAMA PELABUHAN TUJUAN.
OPEN CONTAINER PETIKEMAS TERBUKA, DENGAN ATAU TANPA ATAP.
OPEN SIDED CONTAINER PETIKEMAS YANG SISINYA TERBUKA.
OPEN TOP CONTAINER PETIKEMAS YANG ATAPNYA DAPAT DIANGKAT ( ATAPNYA BIASANYA DARI TERPAL ).
OPEN WALL CONTAINER PETIKEMAS TANPA DINDING SAMPING ATAU DINDING UJUNG, TETAPI MEMILIKI LANTAI DAN KERANGKA ATAS DENGAN CORNER CASTINGS.
ORDER B/L KONOSEMEN ORDER, KONOSEMEN INI DAPAT IPERDAGANGKAN DENGAN CARA ENDOSEMEN ATAU PEMINDAHAN HAK.
OUT SHIPMENT BARANG-BARANG YANG TIDAK DIMUAT KE KAPAL.
OUTBOARD PROFILE PLAN PENAMPANG MEMANJANG BAGIAN LUAR KAPAL.
OUTPORT PELABUHAN KECIL.
OVERHAUL MEMPERBAIKI, MEMBONGKAR, MEMERIKSA DENGAN TELITI DAN MEMPERBAIKI JIKA PERLU.
OVERHEIGHT CARGO MUATAN YANG DIMUAT DALAM KONTAINER TERBUKA, TETAPI MUATAN MASIH MENCUAT ( MELEBIHI TINGGI PETIKEMAS ).
OVERLANDED CARGO MUATAN YANG DIBONGKAR LEBIH.
PACKING LIST DAFTAR PENGEPAKAN BARANG.
PALLET BAK, PAPAN PEMUAT.
PARTY PIHAK, ORANG YANG MEMPUNYAI KEPENTINGAN DALAM SUATU TRANSAKSI.
PASSAGE ALUR, PELAYARAN, TERUSAN.
PAY OFF MENGUBAH HALUAN KAPAL LAYAR ( SEMAKIN JAUH DARI ANGIN ).
PAYLOAD BERAT / UKURAN MUATAN UNTUK MANA UANG TAMBANG DIBAYAR.
PERMANENT BUNKERS BAHAN BAKAR TETAP.
PICKED PORTS PELABUHAN-PELABUHAN YANG DIPILIH.
PIER DERMAGA YANG MENJOROK KE LAUT.
PIER TO HOUSE ANGKUTAN MUATAN DALAM PETIKEMAS DARI PELABUHAN MUAT ( DERMAGA ) DAN DISERAHKAN DI GUDANG ( HOUSE ) IMPORTIR.
PIER TO PIER ANGKUTAN MUATAN DALAM PETIKEMAS DARI DERMAGA ( PELABUHAN MUAT ) DAN DISERAHKAN DI DERMAGA ( PELABUHAN TUJUAN ).
PILOTAGE KEPANDUAN.
PLAIN FLAT CONTAINER PETIKEMAS YANG TERDIRI DARI LANDASAN DAN TIANG-TIANG SUDUT.
PLEDGE BARANG YANG DITAWARKAN SEBAGAI JAMINAN PINJAMAN DENGAN SUATU PERJANJIAN.
PLOUGH THE SEA MENGARUNGI LAUTAN.
PLY BERLAYAR.
POINT OF INTERSECTION TITIK POTONG.
POLAR DISTANCE JARAK KUTUB.
PORT AUTHORITY PENGUASA PELABUHAN.
PORT CHARGES BIAYA-BIAYA PELABUHAN.
PORT DUES BEA PELABUHAN.
PORT OF CALL PELABUHAN SINGGAH.
PORT OF DISCHARGE PELABUHAN BONGKAR.
PORT OF ENTRY PELABUHAN MASUK BAGI KAPAL / BARANG DALAM SUATU NEGARA.
PORT OF EXPORTATION PELABUHAN EKSPOR.
PORT OF REFUGE PELABUHAN YANG DISINGGAHI OLEH KAPAL, JIKA TERJADI KEADAAN DARURAT ( TOPAN ATAU PERBAIKAN KAPAL ).
PORT OF REGISTRY PELABUHAN ATAU TEMPAT KAPAL DIDAFTAR.
PORT OF TRANSHIPMENT PELABUHAN PINDAH KAPAL.
PORT SPEED ISTILAH UNTUK MENYATAKAN KECEPATAN PEMUATAN DAN PEMBONGKARAN BARANG DI PELABUHAN.
PORT TACK BERLAYAR DENGAN ANGIN PADA HALUAN KIRI.
PORTAINER KESELURUHAN KRAN YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI MUAT BONGKAR PETIKEMAS.
PORTERAGE PEKERJAAN ATAU BIAYA PENGANTARAN.
PORTHOLE CONTAINER PETIKEMAS YANG MEMILIKI KELENGKAPAN DIBAGIAN DEPAN, UNTUK DIHUBUNGKAN DENGAN SISTIM PENDINGINAN DI KAPAL ATAU DI DERMAGA.
PORTS RANGE PELABUHAN-PELABUHAN YANG TERLETAK PADA SATU GARIS ( TRAYEK ).
POSITION APPROXIMATE POSISI KIRA-KIRA.
POSITION DOUBTFUL POSISI MERAGUKAN ( PETA LAUT ).
POSITIONING PENYERAHAN PETIKEMAS KOSONG KEPADA PENGIRIM / PEMILIK.
POSTAGE BIAYA KIRIM PER POS, PERANGKO.
PRATIQUE SURAT LEPAS KARANTINA, IZIN BAGI KAPAL UNTUK BERHUBUNGAN DENGAN DARAT SETELAH DILAKUKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN.
PRELIMINARY SURVEY PEMERIKSAAN PENDAHULUAN.
PREPAID DIBAYAR SEBELUMNYA, DIBAYAR DIMUKA.
PREVENT EXCESSIVE PRESSURE MENCEGAH TEKANAN YANG BERLEBIHAN.
PRINCIPAL PERWAKILAN PEMILIK KAPAL.
PROCEED BERLAYAR TERUS, MENLANJUTKAN ( PELAYARAN ).
PROMPT SHIP KAPAL SIAP MELAKUKAN PEMUATAN DALAM WAKTU DEKAT.
PROTECTION AND INDEMNITY PERLINDUNGAN DAN JAMINAN.
PROVISION LIST DAFTAR BEKAL KAPAL.
QUANTITY SURVEY SURVAI YANG BERKAITAN DENGAN JUMLAH MUATAN KAPAL.
QUARANTINE KARANTINA ( TEMPAT DI PELABUHAN UNTUK MEMERIKSA KESEHATAN ORANG YANG AKAN TURUN DARI KAPAL. )
QUAY JEMBATAN, DERMAGA, PANGKALAN PELABUHAN, KADE.
QUAY DUES BEA PANGKALAN, UANG TAMBAT.
QUAYAGE UANG LABUH.
QUOTA PEMBATASAN ATAS EKSPOR / IMPOR DARI SEGI JUMLAH BARANG.
QUOTATION CATATAN NILAI HARGA.
RACKING STRESS TEGANGAN MELINTANG KAPAL.
RAILWAY CONSIGNMENT TANDA TERIMA PEMUATAN BARANG YANG DIANGKUT DENGAN KERETA API.
RAISED FORE DECK DEK HALUAN YANG DITINGGIKAN.
RAMP SEMACAM JEMBATAN YANG DIGUNAKAN KAPAL RO/RO.
RECEIVED FOR SHIPMENT B/L KONOSEMEN YANG MENYATAKAN BAHWA BARANG-BARANG YANG TELAH DITERIMA UNTUK KEMUDIAN DIMUAT KE KAPAL.
RECIPIENT OF CARGO PENERIMA MUATAN.
REEF BATU KARANG.
REEFER CONTAINER PETIKEMAS BERISOLASI DENGAN MESIN PENDINGIN.
REMAINING ON BOARD SISA DI KAPAL ( MUATAN / BAHAN BAKAR ).
RISK OF HANDLING RISIKO MUAT BONGKAR.
RISK OF LOSS RISIKO KEHILANGAN ATAU KERUGIAN.
ROLL ON / ROLL OFF KAPAL YANG DAPAT MEMUAT PETIKEMAS SERTA ALAT PENGANGKUTNYA YANG MASUK MELALUI PINTU KAPAL.
ROUGH WEATHER CUACA BURUK.
RUN ON A REEF KANDAS DIATAS KARANG.
SAFE CUSTODY PENYIMPANAN YANG AMAN.
SAFE PASSAGE JALAN (ALUR) YANG AMAN.
SAFE WORKING LOAD BOBOT MAKSIMUM YANG DAPAT DIANGKAT ( SUPAYA AMAN ).
SAFETY CONSTRUCTION CERTIFICATE SERTIFIKAT KESELAMATAN KONSTRUKSI.
SAFETY EQUIPMENT CERTIFICATE SERTIFIKAT KESELAMATAN PERLENGKAPAN.
SAFETY OF LIFE AT SEA PERATURAN YANG TERCANTUM DALAM KONVENSI INTERNASIONAL UNTUK KESELAMATAN JIWA DI LAUT.
SALVAGE AND SALVAGE CHARGES PENYELAMATAN DAN BIAYA-BIAYA PENYELAMATAN.
SALVAGE LOSS KERUGIAN PENYELAMATAN.
SALVOR ORANG ATAU PERUSAHAAN YANG MENYELAMATKAN KAPAL ATAU MUATAN.
SAVE OUR SOUL TOLONGLAH JIWA KAMI.
SCANTLING DRAFT SHIP KAPAL DENGAN SYARAT YANG DITENTUKAN SESUAI DENGAN KEKUATAN KAPAL SAJA.
SCAVENGE PUMP POMPA PEMBUANG MINYAK.
SCOW SEJENIS TONGKANG YANG TIDAK BERGELADAK.
SCREW MOTORSHIP KAPAL MOTOR DENGAN BALING-BALING.
SCUPPER LUBANG PEMBUANG AIR DI KAPAL, LUBANG KEMARAU.
SEAWORTHINESS CERTIFICATE SERTIFIKAT KESEMPURNAAN, SERTIFIKAT LAYAK LAUT.
SEINE FLOAT KAYU PEGANGAN PADA TALI KEAMANAN DI SEKOCI.
SEIZURE PERAMPASAN, PEMBESLAHAN.
SEMAPHORE SIGNAL SINYAL LENGAN.
SERIOUS DAMAGE KERUSAKAN HEBAT, KERUSAKAN BERAT.
SHAFT TUNNEL ALLEY TEROWONGAN POROS BALING-BALING.
SHIP MASTER NAKHODA KAPAL.
SHIP PAYS DUES KAPAL MEMBAYAR BEA.
SHIP YARD GALANGAN KAPAL, BENGKEL KAPAL.
SHIPOWNER PEMILIK KAPAL.
SHIPOWNERS LIABILITY TANGGUNG JAWAB PEMILIK KAPAL.
SHIPPER OWNED CONTAINER PETIKEMAS YANG DIMILIKI OLEH PEMILIK BARANG.
SHIPPER'S PACKED CONTAINER PETIKEMAS YANG DIISI OLEH PENGIRIM BARANG.
SHIPPING ACT UNDANG-UNDANG PELAYARAN.
SHIPPING AGENT AGEN MASKAPAI PELAYARAN.
SHIPPING ARTICLES PERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT.
SHIPPING DOCUMENTS DOKUMEN-DOKUMEN PENGAPALAN.
SHIPPING ORDER PERINTAH PENGAPALAN, PERINTAH MEMUAT.
SHIPTAINER KRAN BESAR DIKAPAL PETIKEMAS.
SHIPYARD GALANGAN KAPAL, BENGKEL KAPAL.
SHORT TERM LEASE AGREEMENT PERJANJIAN SEWA MENYEWA JANGKA PENDEK.
SHORT WEIGHT BOBOTNYA KURANG, BERATNYA KURANG.
SHUT OUT PETIKEMAS ATAU MUATAN BIASA YANG TIDAK DIMUAT KE KAPAL KARENA TERLAMBAT DATANG.
SIDE DOOR CONTAINER PETIKEMAS DENGAN PINTU BELAKANG DAN PINTU SAMPING.
SIDE OF SHIP LAMBUNG KAPAL, DINDING KAPAL.
SIDE PORT PINTU LAMBUNG, PINTU SAMPING.
SIGN OFF MENANDATANGANI PERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT SETELAH KAPAL TIBA KEMBALI DI PELABUHAN PANGKALAN ( TURUN SETERUSNYA DARI KAPAL ).
SIGN ON MENANDA TANGANI PERSETUJUAN PERBURUHAN LAUT SEBELUM KAPAL BERLAYAR DARI PELABUHAN PANGKALAN.
SINGLE UP MENARIK KEMBALI SEMUA TALI TAMBAT KAPAL KECUALI SATU.
SISTER SHIPS KAPAL-KAPAL YANG JENISNYA SAMA.
SKELETAL TRAILER TRAILER DARAT, TRAILER JENIS INI TIDAK MEMLIKI LANTAI YANG KUKUH, HANYA BERUPA KERANGKA KARENA DIGUNAKAN UNTUK PENGANGKUTAN PETIKEMAS.
SLIP WAY GALANGAN UNTUK MELUNCURKAN KAPAL KE AIR ( LANDASAN TARIK ).
SLOT RUANGAN DI KAPAL YANG DITEMPATI OLEH SEBUAH PETIKEMAS.
SOLO TANK CONTAINER TANGKI UNTUK BAHAN CAIR DALAM RANGKA PETIKEMAS.
SPECIAL CONTAINER PETIKEMAS YANG KHUSUS DIBUAT UNTUK MUATAN TERTENTU.
SPINDRIFT BUIH OMBAK.
SPOT ISTILAH YANG LAZIM DIGUNAKAN UNTUK MENGATAKAN BAHWA KAPAL DAPAT MELAKUKAN PEMUATAN SECEPATNYA, SEGERA SETELAH C/P DITANDA TANGANI.
STANDARDIZATION TRIAL PERCOBAAN KECEPATAN KAPAL.
STANDING ORDER PERATURAN TETAP, PERINTAH TETAP.
STARBOARD TACK BERLAYAR DENGAN ANGIN PADA HALUAN KANAN.
STATUTORY SURVEY SURVAI YANG DIWAJIBKAN OLEH PERATURAN ATAU UNDANG - UNDANG YANG HARUS DITAATI OLEH PEMILIK KAPAL.
STEAM AHEAD OF MEMOTONG HALUAN.
STEAMSHIP KAPAL UAP, KAPAL API.
STEAMTRAWLER KAPAL UAP PENANGKAP IKAN.
STEEL TAPE ALAT PENGUKUR CAIRAN DALAM TANGKI.
STEERAGEWAY KECEPATAN YANG PALING PELAN DAN MASIH DAPAT MENGEMUDIKAN KAPAL.
STERN FAST TALI PENARIK ( DI BURITAN PERAHU ).
STEVEDORING COMPANY PERUSAHAAN MUAT / BONGKAR MUATAN KAPAL.
STORAGE YARD LAPANGAN PENUMPUKAN.
STOWAGE PENIMBUNAN, PENUMPUKAN, PEMADATAN.
STRADDLE CARRIER ALAT UNTUK MENGANGKAT PETIKEMAS DIDARAT.
STUFFING MENGISI PETIKEMAS.
SUBJECT TO PARTICULAR AVERAGE MENURUT KERUGIAN UMUM.
SURVEYED BEFORE SHIPMENT DISURVAI SEBELUM DIKIRIM.
SURVIVORS ORANG-ORANG YANG SELAMAT DALAM SUATU KECELAKAAN.
SYNOPTIC CHART PETA CUACA YANG MEMBERIKAN PETUNJUK-PETUNJUK.
TAFFRAIL TERALI (PAGAR) KAPAL DI BURITAN.
TANK CONTAINER PETIKEMAS KHUSUS UNTUK MUATAN CAIR.
TARE WEIGHT BERAT PETIKEMAS TANPA MUATAN.
T-CARD KARTU BERBENTUK T, KARTU INI DIGUNAKAN UNTUK MEMONITOR GERAKAN PETIKEMAS.
TIME CHARTER SEWA MENYEWA (KAPAL) MENURUT WAKTU.
TIPPING CENTER PUSAT TITIK APUNG.
TONNAGE DEPTH TINGGI GELADAK YANG DIPERGUNAKAN SEBAGAI DASAR UNTUK PERHIYUNGAN TONASE.
TONNAGE DUES BEA YANG DIPUNGUT BERDASARKAN REGISTERED TON KAPAL.
TOP DEAD CENTRE TITIK MATA TERATAS.
TOP HAMPER TALI TEMALI DAN PERLENGKAPAN LAIN DIATAS DEK.
TOP HEAVY BERAT PUNCAK, BERAT ATAS.
TOP MARK TANDA PUNCAK.
TOP MAST BAGIAN TIANG KAPAL YANG ATAS.
TOPNARK TANDA PUNCAK ( UNTUK PELAMPUNG ).
TOPSIDE BAGIAN KAPAL YANG BERADA DIATAS PERMUKAAN AIR.
TRAMP DINAS PELAYARAN SUATU KAPAL YANG TIDAK TERATUR.
TRANSHIP MEMINDAHKAN MUATAN KEKAPAL LAIN, MELANJUTKAN PENGIRIMAN.
TRANSIT GODOWN GUDANG TRANSITO, GUDANG TEPI LAUT.
TRANSTAINER KRAN DARAT ( UNTUK MENGANGKAT PETIKEMAS ).
TRANSVERSE MELINTANG.
TRAWLER KAPAL IKAN ( DENGAN PUKAT).
TRET KERUSAKAN ATAU KERUGIAN YANG DIPERKENANKAN SELAMA PENGANGKUTAN.
TRIATIC STAY TALI ATAU KAWAT ANTARA TIANG DEPAN DAN CEROBONG.
TRIBUTARY ANAK SUNGAI, CABANG SUNGAI.
TRICE MENAIKKAN DAN MENGIKATKAN SESUATU.
TRIM CARGO MENYUSUN MUATAN SUPAYA RATA, MERATAKAN MUATAN.
TRIMMED BY THE HEAD BERINKLINASI KEDEPAN.
TRIMMED BY THE STREN BERINKLINASI KEBELAKANG.
TRIMMING TANK TANGKI-TANGKI DEPAN DAN BELAKANG.
TRIP CHARTER SEWA MENYEWA KAPAL MENURUT PERJALANAN.
TRUCKING ONGKOS ANGKUTAN DENGAN MENGGUNAKAN TRUK.
TUG KAPAL TUNDA, KAPAL PENARIK.
TUMBLE HOME BENTUK BADAN KAPAL DIMANA BAGIAN ATASNYA LEBIH KECIL DARI LEBAR MAKSIMUMNYA.
TUNNEL TEROWONGAN POROS BALING-BALING.
TURBINE STEAM SHIP KAPAL TURBIN.
TURNING CIRCLE LINGKARAN PUTAR KAPAL.
TWENTY FOOT EQUIVALENT UNIT UKURAN PETIKEMAS YANG PANJANGNYA 20 KAKI.
TWIN SCREW STREAMER KAPAL DENGAN BALING-BALING GANDA.
ULLAGE JARAK DARI PERMUKAAN BARANG CAIR SAMPAI KE LANGIT-LANGIT TANGKI.
UNBALLAST MEMBONGKAR ATAU MEMBUANG BALLAST.
UNCOIL MEMBUKA LILITAN ATAU GULUNGAN TALI.
UNDECK MENGELUARKAN KAPAL DARI GALANGAN ATAU DERMAGA.
UNDERTOW ARUS BAWAH.
UNDERWAY SEDANG BERJALAN.
UNDERWRITER PENJAMIN ( PIHAK ASURANSI ).
UNDOCK KELUAR ( TURUN ) DARI GALANGAN.
UNFURL MEMBUKA ( LAYAR ATAU BENDERA ).
UNHOOK MEMBUKA KAITNYA.
UNIT OF LENGTH SATUAN PANJANG.
UNIT OF WEIGHT SATUAN BERAT.
UNLACE MEBUKA TALINYA.
UNLAWFUL DEVIATION PENYIMPANGAN (RUTE) YANG TIDAK SAH.
UNLOAD MEMBONGKAR MUATAN.
UNMOOR MEMBONGKAR JANGKAR.
UNNAVIGABLE TIDAK DAPAT DILAYARI.
UNSETTLED WEATHER CUACA GOYAH.
UNSHACKLE MEMBUKA SEGEL.
UNSHIP MELEPASKAN ATAU MEMBONGKAR DARI KAPAL.
UNSTUFF MEMBUKA PINTU PETI DAN MENGELUARKAN ISINYA.
UPPER DECK GELADAK ATAS.
UPSTREAM SEBELAH HULU.
UPTAKE SALURAN UDARA ANTARA KETEL DAN BAGIAN BAWAH CEROBONG ASAP.
VENTILATED CONTAINER PETIKEMAS DENGAN LUBANG-LUBANG PERANGINAN.
VERNIER TOMBOL PENGATUR YANG HALUS.
VERY LARGE CRUDE CARRIER KAPAL YANG SANGAT BESAR UNTUK MENGANGKUT MINYAK MENTAH.
VICE PROPE KERUSAKAN KARENA KEADAAM ALAM.
VICE VERSA PULANG PERGI DAN SEBALIKNYA.
VOYAGE PELAYARAN, PERJALANAN.
WAR RISK ONLY HANYA RISIKO PERANG.
WARNING SIGNAL SEMBOYAN PERINGATAN.
WATER LINE GARIS AIR.
WATER TIGHT KEDAP AIR, TIDAK MASUK AIR.
WEAR AND TEAR KERUSAKAN.
WEATHER WORKING DAYS HARI KERJA DENGAN CUACA BAIK.
WELD ABILITY KEMAMPUAN SEBUAH LOGAM UNTUK DILAS.
WET DOCK TEMPAT MENGEPIL KAPAL YANG TERLINDUNGI DARI PENGARUH PASANG.
WHARFAGE BEA DERMAGA, UANG TAMBAT.
WHARFINGER PEMILIK DERMAGA.
WHEATER SIDE SISI KAPAL DIMANA ANGIN BERTIUP.
WHEATER TIDE PASANG SURUT YANG AKAN MEMBAWA KAPAL DENGAN LAYARNYA MENUJU KE ANGIN.
WHEATERTIGHT DOOR PINTU YANG TERLETAK DILUAR ATAU DEK ATAS YANG KEDAP AIR.
WHIRL POOL PUSARAN AIR.
WHOLE GALE ANGIN DENGAN KEKUATAN 48 - 55 KNOT.
WIND DIRECTION ARAH ANGIN.
WIND DODGER PELINDUNG ANGIN.
WIND FORCE KEKUATAN ANGIN.
WIND SPEED KECEPATAN ANGIN.
WINDLASS MESIN JANGKAR, PANGSI JANGKAR.
WINDWARD MENENTANG ARAH ANGIN.
WING OUT WEIGHT MEINDAHKAN MUATAN KE BAGIAN SAMPING PALKA.
WITH PARTICULAR AVERAGE DENGAN KERUGIAN KHUSUS.
WITHOUT BENEFIT OF SALVAGE TANPA KEUNTUNGAN PENYELAMATAN.
WITHOUT PREJUDICE TANPA MERUGIKAN SALAH SATU PIHAK.
WOOD SCREW ULIR ULIR KAYU.
WOODEN BARREL TONG KAYU.
WORKING TIME SAVED DESPATCH DIBAYAR UNTUK WAKTU KERJA YANG DISELAMATKAN.
WRECKAGE PECAHAN.
YAIT TANK TANGKI YANG TIDAK DIGUNAKAN UNTUK KEPERLUAN APAPUN DAN DIBIARKAN DALAM KEADAAN KOSONG.
YAW GERAKAN HALUAN KAPAL KEKANAN KEKIRI.
YAWING PERPUTARAN SEKITAR POROS TEGAK.
YAWKEY JIB TOPSAIL LAYAR SEGITIGA BERBENTUK BALON YANG DIPASANG TINGGI.
YAWL SEJENIS KAPAL LAYAR YANG BERTIANG BESAR DAN KECIL DIBAGIAN BELAKANG.
ZENITH TITIK ANGKASA TEGAK DIATAS SI PENILIK.
ZEPHYR ANGIN BARAT YANG PANAS DAN SEDANG.
ZONE TIME WAKTU STANDARD YANG DIBERLAKUKAN DILAUT DENGAN WAKTU ZONA DIMANA KAPAL SAAT ITU BERADA.